Friday, July 3, 2009

Istilah-Istilah Dalam Cross Stitch

Cross Stitch - Individual
Dalam Cross Stitch Individual jahitan dikerjakan dalam 1 rangkaian baris Cross Stitch. Caranya, bawa jarum keluar ke titik 1 dan masukkan ke titik 2 sehingga terbentuk 1/2 silang diagonal. Kemudian bawa jarum keluar ke titik 3 (titik yang berada dibawah titik2) dan masukkan jarum ke titik 4 (diatas titik 1) sehingga terbentuklah Cross Stitch Individul lengkap.





Cross Stitch - Row
Bawa jarum keluar ke titik 1, lalu masukkan ke titik 2 dan keluar lagi di titik 3. Lanjutkan proses ini sampai jumlah Stitch yang diinginkan untuk melengkapi baris tersebut. Pada ujung baris proses dibalik. Bawa jarum keluar ke titik 4, lalu masukkan ke titik 5 dan keluar lagi ke titik 6. Begitu seterusnya hingga satu baris itu menjadi Cross Stitch yang lengkap.







Finishing Off (Tahap Akhir)
Saat benang hampir habis sisipkan benang pada bagian belakang kain pada Stitch.


--> Gambar pada bagian belakang kain





Three-Quarter Stitch
Three-Quarter Stitch biasanya digabung dengan Quarter Stitch (dibawah). tapi warna benang pada Three-Quarter Stitch berbeda dengan warna benang Quarter Stitch.
bawa jarum keluar ke titik 1 dan masukkan ke titik 2 (membuat 1/2 silang atau jahitan diagonal). Kemudian bawa jarum keluar ke titik 3 (titik 3 berada tepat di tengah-tengah jahitan 1/2 silang) lalu masukkan ke titik 4.




Quarter Stitch
Quarter Stitch jarang berdiri sendiri. Karena biasanya selalu digabungkan dengan Quarter Stitch warna yang berbeda atau dengan Three-Quarter Stitch (seperti diatas) dengan warna yang berbeda pula. Kode warna hijau adalah Quarter Stitch dan warna merah adalah Three-Quarter Stitch sehingga menghasilkan Cross Stitch utuh.
Untuk membuat Quarter Stitch bawa jarum keluar ke titik 1 dan masukkan ke titik 2 (titik 2 ada di tengah-tengah Stitch). Quarter Stitch selalu dijahit pertama sekali setelah itu baru Three-Quarter Stitch.



Backstitch
Backstitch sering digunakan sebagai suatu garis untuk mengartikan atau mempertegas bentuk pola kristik. Caranya, bawa jarum keluar ke titik 1, masukkan ke titik 2 dan keluar lagi ke titik 3. Ulangi cara tersebut hingga selesai.





French Knot


French Knot digunakan untuk membuat simpul pada pola. Bawa jarum keluar ke titik 1. Lalu lilitkan benang sebanyak 2x pada jarum (semakin banyak lilitan semakin besar bentuk French Knot). Kemudian masukkan jarum ke titik 2 (titik 2 dekat dengan titik 1).

No comments: